Rumasukun, Nur Al-Maidah (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI 02 WAISAI. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Nur Al-Maidah Rumasukun-148620619031.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini difokuskan pada Peran Kepala Sekolah dalam ImplementasiKurikulum Merdeka di SD Negeri 02 Waisai. Penelitian ini bertujuan untuk : (1)Mendeskripsikan peran kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum merdeka diSD Negeri 02 Waisai. (2) Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatkepala sekolah dalam pengembangan kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Waisai.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.Data yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu dari observasi, wawancara dandokumentasi dengan informan yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas 1,2,4dan 5. Hasil dari penelitian ini menjunjukan bahwa (1) Peran kepala sekolahdalam implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 02 Waisai antara lain peransebagai pendidik, peran sebagai supervisor dan peran sebagai pemimpin bisadikatakan sudah baik yaitu menggerakkan, membimbing, dan mengarahkananggota secara tepat, memberikan bimbingan kepada guru, yaitu dalam rangkarapat-rapat tertentu, mengikutsertakan para guru dalam kegiatan pelatihan danpembinaan, seperti KKG dan kegiatan MGMP. Kemudian kepala sekolahmelakukan pengorganisasian implementasi kurikulum merdeka dengan adanyapembagian tugas dan tanggungjawabnya masing-masing, sehingga implementasikurikulum dapat efektif dan lebih tergorganisir. Selain itu, kepala sekolah jugamemberikan fasilitas baik sarana dan prasaran yang mendukung IKM di sekolah.Selanjutnya kepala sekolah melakukan monitoring dan evaluasi denganmengadakan rapat secara rutin atau diskusi. (2) Faktor pendukungnya yaituadanya fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung, sosialisasi kurikulummerdeka belajar, peran guru, serta peran orang tua. Sedangkan Faktorpenghambatnya antara lain, ada beberapa guru yang masih beradaptasi denganperubahan pembelajaran, orang tua yang kurang berperan aktif. Sehingga tidaksesuai dengan esensi merdeka belajar, dan beberapa guru juga mengalamikesulitan terhadap inovasi-inovasi pembelajaran yang dikembangkan.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Kepala Sekolah, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 13:23 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 13:23 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/167 |