Novela Baru, Novela (2023) PENGARUH MEDIA PAPAN PERKALIAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD YPK ELIM KOTA SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Novela Baru-148620619134.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD YPK Elim Kota Sorong. Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Kuantitatif dengan Desain penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe One-Group Pretest-posttest. adapun populasinya ialah siswa kelas III A dengan jumlah 19 siswa dengan Teknik pengambilan sampel yang dilakukan secara nonprobability sampling yaitu purporsive sampling.Instrument yang digunakan berupa lembar observasi dan Tes Esay untuk mengukur hasil belajar siswa, adapun Hasil analisis ketuntasan belajar siswa pada nilai rata-rata posttest ialah 83,84. Hasil uji reliabilitas diperoleh Cronbachs Alpha untuk respon siswa sebesar 0,852 yang berarti memiliki tingkat reliabilitas tinggi dengan Uji normalitas hasil belajar posttest siswa memiliki taraf signifikansi 0,028 > 0,05. Uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 7.001 dengan df = n–1 (19-1=18) diperoleh ttabel sebesar 1.729. Berdasarkan hasil analisis data nilai yaitu thitung > ttabel (7.001 > 1.729), dengan besarnya taraf signifikansi 0,05 maka hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Media Papan Perkalian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD YPK Elim Malanu kota Sorong.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Perkalian, Penjumlahan Berulang, Hasil Belajar |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | rahma wati |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 09:46 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 09:46 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/138 |