PERTIMBANGAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN MATA PELAJARAN PJOK BERDASARKAN RANAH KOGNITIF AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEKOTA SORONG

Cicilia Stibies, Jelita (2023) PERTIMBANGAN GURU DALAM MEMBERIKAN PENILAIAN MATA PELAJARAN PJOK BERDASARKAN RANAH KOGNITIF AFEKTIF DAN PSIKOMOTOR PADA SISWA SEKOLAH DASAR SEKOTA SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Jelita Cicilia Stibies-148520119105.pdf] Text
TA-Jelita Cicilia Stibies-148520119105.pdf

Download (548kB)

Abstract

Penilaian terhadap pencapaian hasil belajar peserta didik merupakan Langkah yang harusdilakukan untuk mengetahui seberapa jauh tujuan kegiatan belajar mengajar tersebut.Melakukan penilaian dan evaluasi pada tiap pembelajaran sudah seharusnya dilakukan denganporsi sesuai peneliti ingin menggali dan mencoba mengetahui persentase penilaian guruterhadap mata pelajaran PJOK yang meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif danpsikomotorik siswa. Artinya sejauh mana aspek-aspek tersebut mempengaruhi apa yangmenjadi pertimbangan guru dalam memberikan penilaian pada mata pelajaran PJOK. Karenadengan memahami peraturan-peraturan yang ada dan harus dilaksanakan dalam kegiatanpenilaian tersebut, peneliti berharap guru lebih memperhatikan dan dapat mengoptimalkannyaJenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei yang menganalisisdata penyebaran kuisioner/angket melalui metode kuantitatif. Metode ini dipilih karena penelititerjun langsung untuk mengambil sampel dari populasi yang ada dan metode penelitian inilebih mudah dilakukan sehingga mempercepat proses penelitian. Berdasarkan data penelitiandapat dijelaskan bahwa penilaian ranah kognitif siswa yang dimana terdapat beberapa indikatordiantaranya mengingat, memahami/mengerti, menerapkan/mengaplikasikan dan menganalisiguru PJOK memberikan pertimbangan presentase sebesar 81,52%. Untuk penilaian ranahafektif siswa yang terdapat beberapa indikator yaitu sikap sosial dan sikap kepribadian guruPJOK memberikan pertimbangan penilaian dengan persentase sebesar 84,72%. Sementara padapenilaian ranah osikomotorik siswa yang terdapat beberapa indikator diantaranya keterampilanmeniru, menyusun, ketepatan, artikulasi dan naturalisasi gerak guru PJOK memberikanpertimbangan dengan persentase sebesar 83,72%.iiBerdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian dan pembahasan, penelitimenyimpulakan bahwa presentase Pertimbangan Guru Dalam Memeberikan PenilaianMata Pelajaran PJOK Pada Siswa Sekolah Dasar Sekota Sorong yang dimana mencakupketiga aspek penilaian yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik.Berdarakan hasil penelitian diatas, maka disampaikan beberapa saran sebagai berikut (1)Penelitian ini hanya melibatkan guru PJOK sekolah dasar Sekota Sorong sebagai sumberdata, sehingga ketidak tepatan data karena ketidak sengajaan mungkin saja terjadi. (2)Untuk para guru PJOK diharapkan supaya memperhatikan semua hal yang menyangkutkegiatan aspek penilaian yaitu aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik.Karena penilaian sama pentingnya seperti kegiatan pembelajaran itu sendiri. (3) Bagisekolah, diharapkan untuk memberikan tambahan fasilitas sarana dan prasarana yangmenunjang kegiatan pembelajaran PJOK agar tercapai tujuan Pendidikan jasmani

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Penilaian PJOK, Ranah Kognitif, Ranah Afektif, Ranah Psikomotorik
Subjects: 000 KARYA UMUM
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Jasmani (PENJAS)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:52
Last Modified: 09 Dec 2023 06:54
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item
View Item