Penalaran Deduktif Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Ditinjau dari Perbedaan Gender

Anastasia, Abubakar (2023) Penalaran Deduktif Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Ditinjau dari Perbedaan Gender. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA- Anastasiya Abubakar-148420219005.pdf] Text
TA- Anastasiya Abubakar-148420219005.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan penalaran deduktifmahasiswa pendidikan matematika pada mata kuliah geometri bidang ditinjau dariperbedaan gender di Program Studi Pendidikan Matematika, UniversitasPendidikan Muhammadiyah (UNIMUDA) Sorong. Jenis penelitian inimenggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan, yaitudata primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dengan cara tes,wawancara, dokumen, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakanadalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan penalarandeduktif mahasiswa matematika yang ditinjau dari perbedaan gender memenuhibeberapa indikator. Indikator penalaran deduktif, yaitu: (1) membuat pernyataanumum, (2) membuat pernyataan khusus, (3) menarik kesimpulan secara deduktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa laki-laki memiliki indikasi cukupbaik dalam penyelesaian masalah pada nomor 1 karena memenuhi 2 dari 3indikator penalaran deduktif, dan memiliki indikasi cukup baik juga penyelesaianmasalah pada nomor 2 karena memenuhi 2 dari 3 indikator penalaran deduktif,serta memiliki indikasi kurang baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 3karena memenuhi 1 dari 3 indikator penalaran deduktif. Sedangkan mahasiswaperempuan memiliki indikasi baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 1karena memenuhi semua indikator penalaran deduktif, dan memiliki indikasikurang baik dalam penyelesaian masalah pada nomor 2 karena hanya memenuhi 1dari 3 indikator penalaran deduktif, serta memiliki indikasi kurang baik jugadalam penyelesaian masalah pada nomor 3 karena memenuhi 1 dari 3 indikatorpenalaran deduktif.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan penalaran deduktif, geometri bidang, perbedaan gender.
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 26 Oct 2023 06:36
Last Modified: 13 Dec 2023 06:14
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/99

Actions (login required)

View Item
View Item