Perkembangan Awal Pendidikan Muhammadiyah di Sorong, Papua Barat

Anang, Triyoso and Kartini, Kartini and Muhammad, Kartono (2020) Perkembangan Awal Pendidikan Muhammadiyah di Sorong, Papua Barat. Perkembangan Awal Pendidikan Muhammadiyah di Sorong, Papua Barat.

[thumbnail of EAI - CCER Template Anang.pdf] Text
EAI - CCER Template Anang.pdf

Download (392kB)

Abstract

Kebanyakan perkembangan awal pendidikan Muhammadiyah di Indonesiahanya menarasikan perspektif yang selalu direpresentasikan oleh beberapa daerah.Padahal, pendidikan Muhammadiyah berkembang di berbagai pelosok daerah danmemiliki karakteristik yang berbeda-beda. Banyak fakta yang terabaikan dan tak terekamdalam konteks sosial historis yang tentu memiliki dimensi nasional. Demikian pulagerakan Muhammadiyah di Sorong, Papua Barat belum banyak terungkap. Penelitian inimenggunakan metode sejarah, mencakup heuristik, kritik sumber, interpretasi, danhistoriografi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi,arsip dan studi pustaka. Data diurutkan, diproses dan hasilnya disajikan dalam bentukhistoriografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan awal pendidikanMuhammadiyah dilalui berkat usaha yang gigih (melalui konsistensi pengajian) daritokoh-tokohnya. Perkembangan tersebut meliputi amal usaha pendidikan. Hal ini terbuktidari berbagai amal usaha pendidikan yang ada seperti sekolah-sekolah dari Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan Tinggi. Kesimpulan bahwa Muhammadiyah Sorong dapatmengembangkan diri dan memajukan masyarakatnya, melalui pendidikan menjadikanSorong sebagai pusat unggulan pendidikan Muhammadiyah se-tanah Papua.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Perkembangan, Pendidikan, Muhammadiyah, Sorong
Subjects: 000 KARYA UMUM
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 08 Oct 2023 13:57
Last Modified: 08 Oct 2023 13:57
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item
View Item