IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGENAI PEMBELAJARAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA)

Tandi, Pamella Anjel and Simatupang, Ernawati and Jusmin, Jusmin IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGENAI PEMBELAJARAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA). IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA MENGENAI PEMBELAJARAN P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA). (Submitted)

[thumbnail of Pamella Anjel Tandi.pdf] Text
Pamella Anjel Tandi.pdf

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses kurikulum merdeka berjalan secara langsungdengan adanya P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) memiliki perubahan-perubahan terbesar secarasignifikan dibandingkan dengan kurikulum yang lalu-lalu. Dengan adanya kurikulum merdeka ini guru dituntutharus berkreatif agar peserta didik menjadi lebih aktif dan berkreatif secara dalam kurikulum merdeka mengenai P5ini siswa harus bereksperimen sesuai dengan minat dan bakat yang mereka miliki. Dalam penelitian ini, penelitimenggunakan metode penelitan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada dua guru untuk mengetahui sejauh manaproses kurikulum merdeka dengan adanya P5 di sekolah tersebut dengan menggunakan teknik wawancara,dokumentasi serta menggunakan model analisis data yakni mereduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Darihasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kurikulum merdeka di SD Inpres 14 Kabupaten Sorong. Siswa-siswi disana memiliki kemandirian, disiplin, bertanggung jawab, berperilaku dengan nilai-nilai pancasila danmemiliki rasa cinta tanah air. Adanya P5 juga peserta didik bisa belajar sesuai dengan bakat dan minat yangdimiliki oleh peserta didik serta memiliki keberanian dalam belajar dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, P5(Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila)
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 03 Dec 2024 10:47
Last Modified: 03 Dec 2024 10:47
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item
View Item