PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK YPK PENGHARAPAN KABUPATEN SORONG.

Lestari, Lestari PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK YPK PENGHARAPAN KABUPATEN SORONG. PERAN GURU PPKn DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DI SMK YPK PENGHARAPAN KABUPATEN SORONG. (Submitted)

[thumbnail of Lestari.pdf] Text
Lestari.pdf

Download (344kB)

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah sistim yang dimana dilatar belakangi oleh pentingnya sikapdisiplin yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik. Permasalahan dalam penelitian iniadalah bagaimana peranan guru PPKn dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolahSMK YPK Pengharapan Kabupaten Sorong. Dan secara khusus mengetahui peraturan apasaja yang harus ditaati siswa, tingkat kesadaran siswa, upaya guru PPKn dalam meningkatkankedisiplinan siswa, hambatan yang dihadapi guru PPKn dalam mendisiplinkan siswa, danupaya Guru PPKn dalam mengatasi hambatan-hambatan tersebut sehingga siswa dapatberdisiplin di lingkungan sekolah. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalahmetode studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana penulis merupakaninstrumen utama untuk mendapatkan data secara mendalam. Subjek dalam penelitian inikepala sekolah, dan 1 Guru PPKn, dan seluruh siswa. Di SMK YPK Pengharapan KabupatenSorong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dandokumentasi. Hasil dari penelitian didapat bahwa peran guru PPKn itu sangat penting danguru PPKn harus selalu memberikan contoh berperilaku disiplin kepada semua siswa setiapwaktu. Pemberian hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar merupakan solusiyang bijak dalam mendisiplinkan siswa di sekolah. Adapun kesimpulan hasil penelitianadalah, bahwa untuk meningkatkan kualitas disiplin siswa di SMK YPK PengharapanKabupaten Sorong, guru PPKn harus menjadi orang yang dapat memberikan keteladanan,motivasi, dan bimbingan kepada siswa yang baik sehingga siswa termotivasi untukberdisiplin. Saran bagi kepala sekolah, dan guru PPKn adalah selalu bekerja sama dan selalumembina, mengawasi, siswa untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Peserta Didik
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Kewarganegaraan (PKN)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 03 Dec 2024 10:42
Last Modified: 03 Dec 2024 10:42
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item
View Item