Kristin, Firosalia and Sari, Fransiska Faberta Kencana and Leti, Damasus Dappa Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII MTs Emeyodere Kota Sorong. Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII MTs Emeyodere Kota Sorong. (Submitted)
kristin.pdf
Download (474kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasilbelajar mahasiswa dalam mata kuliah konsep dasar IPS. Jenis penelitian ini adalahpenelitian asosiatif dengan desain expost facto. Subjek penelitian adalah 60mahasiswa Pendidikan kewarganegaraan UKSW angkatan 2017. Pengumpulan datadilakukan melalui angket dan tes. Anaisis data dilakukan dengan teknik uji regresilinier yang mencakup uji t dan pengukuran koefisien determinasi. Hasil penelitianmenunjukkan 1) Nilai t hitung 2,904 > nilai t tabel 1,999, maknanya terdapatpengaruh kedisiplinan belajar teradap hasil belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa; 2)Nilai R Square sebesar 0,127, dengan arti bahwa pengaruh variabel kedisiplinanbelajar terhadap variabel hasil belajar Konsep Dasar IPS Mahasiswa adalah 12,7%.Simpulannya melalui uji t menunjukkan adanya pengaruh kedisiplinan tergadap hasibelajar mahasiswa dalam mata kuliah Konsep Dasar Pendidikan kewarganegaraandengan pengaruh sebesar 12,7% yang ditunjukkan melaui hasil pengukuran koefisiendeterminasi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Konsep Dasar Pendidikan kearganegaraan |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 10:37 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 10:37 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/437 |