Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah

Tang, Ambo and Gani, Abdul and Reskiansyah, Ade (2024) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah. Jurnal PAIDA Vol. 3 No.2Agustus20241Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah, 3 (2). pp. 1-13. ISSN 2962-8172

[thumbnail of Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah.pdf] Text
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Hadis Ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyah.pdf - Published Version

Download (231kB)

Abstract

Pendidikan merupakan aspek utama dalam usaha mengembangkan diri dan meluaskan wawasan yang dapat dilaksanakan dengan berbagai cara. Pada umumnyapendidikan yang dilaksanakan cenderung memperhatikan kecakapankognitif,namun kenyataannyatidak hanyakecakapan kognitif yang dibutuhkan dalam dunia pendidikan namun juga pendidikan karakteryang berperan penting dalam membentuk kepribadian yang kuat dan tangguh, menciptakan generasi yang berkualitas baik dalam ilmu pengetahuan maupun dalam hal akhlak.Pengajaran pendidikan karakter sejak dini telah diterapkan oleh Agama Islam, banyak nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan didalamnya, diantaranya terdapat dalam wasiatRasulullah shallallahu’alaihi wa sallam yang termaktub dalam hadis ke-28 dalam kitab al arbain an nawawiyah. Melalui metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis hadis ke-28 Kitab Al-Arba’īn An-Nawawiyyahkarya Imam An-Nawawi yang bertujuan untuk menyebutkan dan mendeskripsikan nilai-nilai Pendidikan karakter yang terkandungdalam hadis tersebut.Hadis ke-28 menyoroti nilai-nilai pendidikan karakter yang penting, antara lain takwa kepada Allah, ketaatan dan ketundukan kepada penguasa, mengamalkan sunnah Nabi dan Khulafaur Rasyidin, menjauhi bid'ah, menerima nasehat dengan hati terbuka, meminta wasiat, rasa perpisahan, dan sikap menggerakkan hati dan air mata.Penting bagi lembaga pendidikan Islam untuk mengintegrasikan nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dalam kurikulum dan pengajaran, sehingga dapat membentuk generasi Muslim yang berkualitas, bermartabat, dan mampu memberikan kontribusi positif bagi masyarakat

Item Type: Article
Subjects: 200 AGAMA > 297 Islam > 297.07 Pendidikan Islam, Penelitian Islam, dan Topik yang berkaitan
Divisions: Fakultas Agama Islam (FAI) > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ambo Tang
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:14
Last Modified: 16 Aug 2024 10:40
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/369

Actions (login required)

View Item
View Item