Pengaruh Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Kemampuan Baca Tulis Permulaan Siswa Kelas II SD YPK Inamo Kabupaten Sorong

Iriyani, Astri Nadia (2023) Pengaruh Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Terhadap Kemampuan Baca Tulis Permulaan Siswa Kelas II SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
TA_Astri Nadia Iriyani_148620619108.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap kemampuan baca tulis permulaan siswa kelas II SD YPK Inamo Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperiment dengan Desain One Group Pretest dan Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD YPK Inamo Kabupaten Sorong dengan sampel kelas II yang berjumlah 12 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi dan Tes Performance. Teknik analisis data terdiri dari empat tahap yaitu, tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji validitas instrument diperoleh dengan rata-rata 83,75. Hasil uji reliabilitas butir instrument Pretest dan Posttest di peroleh sebesar 0,823. Dari uji analisis di peroleh uji normalitas Shapiro-wilk dari data pretest 0,090 > 0,05 dan posttest 0,187 > 0,05, maka dari data tersebut diperoleh data normal. Dari analisis uji hipotesis di peroleh nilai sig (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,005 maka H1 diterima dan H0 ditolak yang artinya bahwa metode pembelajaran SAS berpengaruh terhadap kemampuan baca tulis permulaan siswa kelas II SD YPK Inamo Kabupaten Sorong.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Metode SAS, Kemampuan Baca Tulis Permulaan
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:16
Last Modified: 19 Jul 2023 04:38
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/32

Actions (login required)

View Item
View Item