Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 26 Kota Sorong

Malaende, Nurhasanah (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Hasil Kooperatif Tipe Take and Give Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV di SD Negeri 26 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Nurhasanah Malaende-148620619232.pdf] Text
TA-Nurhasanah Malaende-148620619232.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe take and give berpegaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri 26 Kota Sorong. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain One Grup Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 26 Kota Sorong tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pre test, dan post test. Pre test dan post test berisi soal yang berkaitan materi Bilangan Pecahan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji t statics wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri 26 Kota Sorong. Hal ini ditunjukkan uji normalitas data pretest dan posttes berada pada distribusi tidak normal, sehingga dilanjutkan dengan uji statistik non parametrik dengan mengunakan uji t statics wilcoxon. Hasil uji Wicoxon Signeg Ranks Test diperoleh nilai rerata positive ranks adalah 7,50 dan negative rank adalah 0,00. Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah mendapatkan perlakuan model pembelajaran take and give sedangkan berdasarkan taraf signifikansi pada uji statistik wilixon hasil dari nilai pre-test dan post-test diperoleh nilai signifikansinya (sig. (2 – tailed)) adalah 0,000 maka sesuai dengan kriteria pengambilan keputusan jika nilai probabiliats (sig)(0,000)<0,05 maka H_0 ditolak, H_1 diterima

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Take and Give, Hasil Belajar Matematika Siswa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 22 May 2024 11:41
Last Modified: 03 Jun 2024 06:16
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/314

Actions (login required)

View Item
View Item