Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Yapis Fakfak

Sarwadan, Zahratul Laila (2024) Meningkatkan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Media Kartu Huruf Pada Anak Kelompok B TK Yapis Fakfak. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Zahratul Laila Sarwadan-148620722032.pdf] Text
TA-Zahratul Laila Sarwadan-148620722032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keaksaraan awal saat ini masih menjadi hal yang serius untuk diperhatikan. Rendahnyapeningkatan kemampuan keaksaraan kelompok B2 TK YAPIS Fakfak menjadi bukti akan hal ini. Hasilobservasi sebelum penelitian menunjukkan banyak siswa yang masih rendah bahkan belum mengetahuikeaksaraan awal. Hal ini disebabkan proses pembelajaran yang kurang menstimulasi perkembangankeaksaraan anak. Kegiatan pembelajaran pengenalan keaksaraan awal di kelompok B yang dilakukanoleh guru lebih difokuskan dengan kegiatan menebalkan tulisan huruf dan menulis huruf di papandengan menggunakan spidol secara bergiliran dan mengucapkannya dengan serius, sehingga prosespembelajaran terkesan membebani anak dan kurang menarik, sehingga pemahaman terhadap huruflebih bersifat menghafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media kartu huruf dalammeningkatkan kemampuan keaksaraan awal anak kelompok B2 TK YAPIS Fakfak.Metode yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas, dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Penelitian ini terdapat 4 tahapan, perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Satu siklus dilaksanakan selama 2 hari dengan subjek seluruhsiswa kelompok B2 yang berjumlah 16 siswa.Hasil penelitian pada siklus I lebih banyak siswa belum berkembang sesuai harapan dari padayang berkembang. Sedangkan pada siklus II proses pembelajarannya dimodifikasi denganmenambahkan metode bermain sehingga sebagian besar siswa dapat berkembang dengan sangat baikdibandingkan pada siklus I. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kartu huruf dengan metodebermain dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan awal.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaksaraan awal, Kartu huruf, Anak Usia Dini, metode bermain
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 13 May 2024 10:30
Last Modified: 13 May 2024 10:30
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/310

Actions (login required)

View Item
View Item