Rantela‟bi, Nelvi (2024) Analisis Perbandingan Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan Menggunakan Metode Surface Distress Index (SDI) dan Metode Pavement Condition Index (PCI) Pada Ruas Jalan Sorong-Klamono. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Nelvi Rantela‟bi-142220119036.pdf
Download (3MB)
Abstract
Jalan merupakan transportasibdarat yang mencakup seluruh bagianjalan,btermasuk bangunan penunjang serta kendaraan pengangkut yang terletakdiatas tanah, diatas air, kecuali jalan rel kereta api, serta jalan keretabgantung.Pekerasan jalan merupakan suatu struktur yang dibangun diatas lapisan tanahdasar (subgrade), yangbberfungsibmenopang bebanblalu lintas (Suswandi).Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilaibkondisi perkerasan jalandan tingkat kerusakan pada ruasbjalan Sorong-Klamono. Metode yang digunakandalam penelitian ini yaitu metode Surface Distress Index (SDI) dan metodePavement Condition Index (PCI). Jalan Sorong-Klamono STA 25+000-27+000dengan lebar jalan 5 meter dibagi menjadi 10 segmenbdengan panjang jalan 200meter per segmen. Ditemukan 3 jenis kerusakan yaitu lubang, kegemukan danretak kulit buaya dengan hasil presentase nilai kerusakan SDIdikategorikanbdalam kondisi baikbkarena menunjukkanbnilai 20, dimanab20masuk pada rentang nilai SDI < 50. Sedangkan nilai PCI rata-rata diketogorikandalam kondisi sempurna karenabmenunjukkan nilai 89, dimana 89 masukpadabrentang 85-100 untuk kondisi yang sempurna, dalam analisis perbandinganpenilaian dari metode SDI dan metode PCIbyang telahbdilakukan ditemukan rata-ratabnilai padabhitungan tersebut adalah relatif sama.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | erusakan jalan, surface distress index (SDI), pavement condition index (PCI) |
Subjects: | 600 TEKNOLOGI, ILMU TERAPAN > 620 Ilmu Teknik & Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Teknik Sipil |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 01 May 2024 03:06 |
Last Modified: | 01 May 2024 03:06 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/301 |