Hubungan Media Sosial Tiktok Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Va SDN 26 Kota Sorong

Talabessy, Priscillia Anacy (2023) Hubungan Media Sosial Tiktok Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Va SDN 26 Kota Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Priscillia Annacy Talabessy-148620619235.pdf] Text
TA-Priscillia Annacy Talabessy-148620619235.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan media sosial tiktokdengan prestasi belajar peserta didik. Media sosial bertujuan untuk memberikankemudahan dalam hal berkomunikasi dengan siapa saja. Tiktok merupakansalah satu media sosial baru dimana setiap pengguna bisa membuat berbagaivideo dengan fitur-fitur yang unik. Penelitian yang dilakukan merupakanpenelitian kuantitatif korelasi yang menggunakan desai penelitian ex-post facto.Jumlah sampel penelitian adalah 28 murid kelas Va SD N 26 Kota Sorong.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakanteknik kuisioner/angket dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakanadalah uji deskriptif, uji normalitas,uji linieritas, dan uji hipotesis denganbantuan program SPSS For Windows seri 16. Berdasarkan hasil perhitunganmedia sosial tiktok dengan prestasi belajar pada peserta didik kelas Va SD N 26Kota Sorong ( p=0,027). Dengan arah hubungan positif (r=0,419). Media sosialtiktok peserta didik secara umum termasuk dalam kategori sedang denganpersentasi 64,3% dan prestasi belajar peserta didik termasuk dalam kategorisedang dengan persentase 78,6% . maka dapat ditarik kesimpulan bahwaterdapat hubungan antara media sosial tiktok dengan prestasi belajar pesertadidik kelas Va SD N 26 Kota Sorong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Tiktok, Prestasi Belajar
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 01 May 2024 02:52
Last Modified: 01 May 2024 02:52
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/300

Actions (login required)

View Item
View Item