Yanti, Wa (2024) Implementasi Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usiadini Kelompok B Di TK Aba 2 Aimas Kabupaten Sorong. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Wa yanti -148620720012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Berdasarakan observasi di TK ABA 2 Aimas Kabupaten Sorong padakelompok B bahwa anak usia 5-6 tahun dalam pelaksanaan pembelajaranmenggunakan media video animasi dapat membantu kemampuan bahasa . Adabeberapa anak yang kesulitan dan hendakknya yang dihadapi oleh gurudiantaranya, berbahasa memiliki artikulasi yang kurang jelas, kurang lancar dalamberbahasa, terlihat juga beberapa anak kesulitan saat diminta menceritakanpengalamannya saat berada di suatu tempat, menceritakan kembali pembelajaranyang disampaikan oleh guru, ada anak yang terlihat pasif hanya diammendengarkan. Kemampuan berbahasa yang masih rendah terlihat di dalam kelasyang cenderung diam/pasif.Berdasarkan hal tersebut peneliti upaya untukpenerapan kemampuan berbahasa anak di TK ABA 2 Aimas Kabupaten Sorongmelalui video animasi yang bersifat edukatif. Hal ini dimaksudkan agar anak lebihaktif dan bersemangat dalam menyimak, berkomentar dan menambahpembendaharaan kata pada anak didik serta menciptkan suasana senang dalamkelas. Media audio visual menarik yang dapat diterapkan oleh penelit di TK ABA2 Aimas tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahuiimplementasi media video animasi terhadap kemampuan berbahasa pada anak TKABA 2 Aimas Kabupaten Sorong.Penelitian menggunakan metode kualitatif yaitudengan mencari informasi seperti pengamatan, wawancara, dokumentasi(Moleong, 2014). Dalam penelitian ini data yang diperoleh adalah data-data yangberupa data deskriptif yang tidak menggunakan data yang berupa angka untukmenerangkan hasil penelitian. Data deskriptif tersebut berkaitan dengan hasilpenelitian yaitu Implementasi Media Video Animasi Terhadap KemampuanBerbahasa Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK ABA 2 Aimas KabupatenSorong.Analisis dalam penelitian kualitatif terdiri dari tiga komponen pokok yaitureduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan Berdasarkan hasil penelitiandapat disimpulan bahawa implementasi media video animasi dalammengembangkan kemampuan bahasa anak di TK ABA 2 Aimas telahdilaksanakan dengan baik. Kegiatan yang diberikan oleh peneliti berjalan sesuaiharapan dan pencapaian perkembangan anak yaitu 8 anak Berkembang SangatBaik (BSB) dan 2 anak Berkembang Sesuai Harapan(BSH) dengan adanyakegiatan pembelajaran penggunaan media video animasi dapat membantukemampuan bahasa anak lebih baik dan lebih semangat dan adanya kegiatan inimembantu meningkatkan kemampuan bahasa anak.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video animasi kemampuan berbahasa |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 03 Apr 2024 04:35 |
Last Modified: | 03 Apr 2024 04:35 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/274 |