Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong pada Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi

Miim, Latifah Mustika Raa Haa (2024) Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Kota Sorong pada Pembelajaran Matematika Berdiferensiasi. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-LATIFAH MUSTIKA RAA HAA MIIM_148420220012.pdf] Text
TA-LATIFAH MUSTIKA RAA HAA MIIM_148420220012.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi peserta didik kelas VII dalam implementasi pembelajaran matematika berdiferensiasi di SMP Negeri 6 Kota Sorong. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer. Subjek penelitian ini adalah 3 peserta didik kelas VII K SMP Negeri 6 Kota Sorong dengan kriteria motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah pada pembelajaran matematika berdiferensiasi. Teknik pengumpulan data dengan angket, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif serta model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kriteria motivasi belajar tinggi mempunyai motivasi belajar matematika berdiferensiasi yang tinggi, hal ini dilihat berdasarkan lima indikator motivasi tersebut, dimana empat diantaranya memenuhi variabel motivasi belajar. Kemudian berdasarkan lima indikator yang diteliti, peserta didik dengan kriteria motivasi belajar sedang dan rendah hanya memenuhi satu variabel motivasi belajar. Akan tetapi peserta didik dengan kriteria motivasi belajar sedang mempunyai motivasi belajar matematika berdiferensiasi yang lebih tinggi dibandingkan peserta didik dengan kriteria rendah. Hal ini dilihat berdasarkan item yang tidak selalu terpenuhi peserta didik kriteria sedang sebanyak 5 item sedangkan peserta didik kriteria rendah tidak selalu memenuhi 8 item dari total 13 item yang diteliti.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Belajar Matematika, Pembelajaran Berdiferensiasi
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 02 Mar 2024 03:23
Last Modified: 02 Mar 2024 03:23
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/254

Actions (login required)

View Item
View Item