Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local Wisdom Papua Barat Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD

Purnama, Intan Ani (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Local Wisdom Papua Barat Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SD. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of Skripsi] Text (Skripsi)
Skripsi_Intan Ani Purnama.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat subtema lingkungan tempat tinggalku kelas IV SD yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Pengembangan modul ini di desain menggunakan modifikasi model 4-D menjadi 3-D dengan tahapan pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) sehingga hanya berfokus sampai tahap pengembangan (develop). Subjek uji coba yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDIT Mutiara Insan Kabupaten Sorong yang berjumlah 15 peserta didik. Hasil penelitian menujukan bahwa: 1) Berdasarkan data uji kevalidan dari validator ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain, modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat ini menunjukan kategori valid dengan skor rata-rata 84,91% sehingga layak untuk digunakan. 2) Berdasarkan data uji kepraktisan dari hasil angket respon peserta didik, modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat ini menunjukan kategori sangat praktis dengan skor rata-rata 90,37%. 3) Berdasarkan data uji keefektifan melalui uji n-gain antara hasil pre-test dan post-test, modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat ini berada dalam kategori tinggi karena didapatkan perolehan nilai rata-rata sebesar 0,77 sehingga modul ini sangat efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tematik berbasis local wisdom Papua Barat sangat valid sehingga layak untuk digunakan di dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Modul, Tematik, Local Wisdom Papua Barat, Lingkungan Tempat Tinggalku.
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:30
Last Modified: 19 Jul 2023 04:49
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item
View Item