URGENSI PERHATIAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II SD INPRES 24 KABUPATEN SORONG

Blesia, Agustina (2023) URGENSI PERHATIAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGKITKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS II SD INPRES 24 KABUPATEN SORONG. S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Agustina Blesia-148620619003.pdf] Text
TA-Agustina Blesia-148620619003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana urugensi guru dalam upayamembangkitkan minat belajar siswa kelas II SD Inpres 24 Kabupaten Sorong.Penelitian bertujuan untuk mengetahui Bagaimana urugensi guru dalam upayamembangkitkan minat belajar siswa kelas II SD Inpres 24 Kabupaten Sorong.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam pengumpulan datamenggunakan metode obsevasi, dan lembar wawancara guru dan dokumentasianalisis data dengan menggunakan analisis data kualitatif. Populasi dalampenelitian ini adalah jumlah 28 siswa kelas II SD Inpres 24 Kabupaten Sorong.Sampel dalam penelitian ini adalah 17 siswa kelas II SD Inpres 24 KabupatenSorong.Hasil penelitian ini adalah Proses pembelajaran di kelas II SD Inpres 24kabupaten sorong berjalan dengan baik karena peserta didik sangat antusias dalammengikuti proses pembelajaran, dimana guru mampu menyampaikan materinyadengan baik sehingga peserta bisa belajar dengan baik dan guru menyampaikanmaterinya sesuai apa yang diinginkan peserta didik. Perhatian guru dalammeningkatkan minat belajar peserta didik memberikan motivasi minat belajar,melakukan pendekatan kepada peserta didik, pemberian tugas, dan memberikanangka. Inilah upaya yang dilakukan guru sehingga bisa meningkatkan minatbelajar peserta didik. Minat peserta didik SD Inpres 24 kab sorong dalam belajarsangat bagus dan sudah ada peningkatan minat terhadap pembelajaran. Sepertihasil yang dilihat dari tabel aangket minat siswa. Sesuai dengan tabel diatas makajumlah total siswa yang memilik minat sangat baik adalah dengan nila 98%dengan nilai sangatsetuju, 79% nilai setuju dan nilai 63 dengan nilai tidak setuju.Maka dari hasil angket minat belajar siswa. Hal ini tidak lain peran seorang guruyang selalu memberikan banyak motivasi, arahan yang membangun semangatbelajar peserta didik bukan cuma semangat akan tetapi minat yang semakinmeningkat terhadappembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Urugensi Guru, Minat Belajar
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 14 Dec 2023 01:48
Last Modified: 14 Dec 2023 01:48
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/207

Actions (login required)

View Item
View Item