ANALISIS MANAJEMEN WAKTU MENGGUNAKAN METODE PERT (PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN (Studi Kasus: Perumahan Kadar Malibela Residence II Kota Sorong Papua Barat Daya)

Azizah, Churil (2023) ANALISIS MANAJEMEN WAKTU MENGGUNAKAN METODE PERT (PROJECT EVALUATION AND REVIEW TECHNIQUE) PADA PROYEK PEMBANGUNAN PERUMAHAN (Studi Kasus: Perumahan Kadar Malibela Residence II Kota Sorong Papua Barat Daya). S1 thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA- CHURIL AZIZAH-142220119008.pdf] Text
TA- CHURIL AZIZAH-142220119008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Dalam melaksanakan proyek pembangunan tempat tinggal seperti perumahan, perluperencanaan yang tepat di awal agar pelaksanaan proyek tersebut efektif dan efesien serta tepatwaktu. Proyek yang tepat waktu harus memiliki manajemen waktu yang baik. Salah satu yangmenjadi studi kasus dalam hal ini adalah analisis waktu proyek perumahan kadar malibelaresidence II dengan menggunakan metode pert. Tujuan penelitian manajemen waktu denganmetode pert adalah mengetahui jalur kritis pada pekerjaan proyek serta perbandingan wakturencana menggunakan metode pert dengan realisasi dilapangan. Pada metode pert waktu yangdiestimasikan adalah 3 jenis waktu, yaitu: waktu optimis, pesimis, dan realitas. Untuk jenispenelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan demikian, peneliti menyajikan data dalambentuk angka yang berupa durasi waktu pada setiap aktivitas pengerjaan proyek. Dari hasil olahdata tersebut diperoleh jalur kritis pada kode aktivitas A-B-C-D-E-F-G-J-K-M-P dengan durasiyaitu 26,49 atau 27 hari untuk pekerjaan per unit rumah. Sedangkan pada time schedule existingrencana proyek, realisasi pekerjaan di lapangan membutuhkan 42 hari. Artinya proyekpembangunan perumahan untuk per unit rumah mengalami percepatan hingga 15 hari. Makamanajemen waktu menggunakan PERT jauh lebih cepat daripada realisasi pelaksanaan proyek.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Time Management, PERT, the critical path
Subjects: 600 TEKNOLOGI, ILMU TERAPAN > 620 Ilmu Teknik & Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:10
Last Modified: 13 Dec 2023 07:25
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/202

Actions (login required)

View Item
View Item