Wahyuni, Tri (2023) PENGARUH PENGGUNAAN METODE READING GUIDE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN KELAS IV DI SD NEGERI 23 KOTA SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-Tri Wahyuni -148620619142.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menengetahui pengaruh penggunaan metodereading guide terhadap kemampuan membaca pemahaman kelas IV di SD Negeri23 Kota Sorong. Penelitian ini merupakan desain eksperimen tipe one-grouppretest-posttest design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode readingguide dan variabel terikatnya kemampuan membaca pemahaman peserta didik.Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Kota Sorongsebanyak 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahlembar observasi aktivitas guru dan siswa, tes (pretest/posttest). Teknik analisisdata terdiri dari 3 tahap observasi uji reliabilitas , uji normalitas, dan uji hipotesis.Hasil uji reliabilitas butir instrumen pretest dan posttest yang diperoleh sebesar0,430. Dari hasil analisis data diperoleh deskriptif data pretest nilai mean sebesar42,5241dan sedangkan posttest mean sebesar 73,0138. Dari analisi data diperolehuji normalitas sig sebesar 0,200 > 0,05, maka data berdistribusi normal. Hasil ujione sample T-test dari data posttest diperoleh Thitung >Ttabel yaitu 46,364 >2,052dengan besar taraf Sig (2-teiled) sebesar 0,001< 0,05, sehingga H1 diterima dan H0di tolak, dapat simpulkan bahwa metode reading guide memiliki pengaruhterhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas IV di SD Negeri23 Kota Sorong.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Rading guide, kemampuan membaca pemahaman |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | UNIMUDA Administrator Sorong |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 13:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 13:29 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/169 |