PIPIT ANGGRAIANI, PIPIT (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD MUHAMMADIYAH MAJARAN KABUPATEN SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.
TA-PIPIT ANGGRAIANI-148620619038.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas 1 SD Muhammadiyah Majaran Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan adalah Pre-Exsperimental Design Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SD Muhammadiyah Majaran yang berjumlah 56 siswa. Sampel pada penelitian ini siswa kelas 1 SD Muhammadiyah majaran yang berjumlah 14 siswa. Tehnik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes pre-test dan post-tes. Validasi intrumen Teknik analisis data terdiri dari empat tahap yaitu tahap yaitu, tahap uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil uji realiabilitas terhadap instrument pre-test di peroleh Cronbach’s Alpha untuk instrument soal pre-tes sebesar 0,614. Dari uji analisis diperoleh uji normalitas saphiro wilk pada pree-test 0,889 dengan 0,079 ini berarti data pre-tes tersebut berdistribusi normal dan nilai pos-tes Safira wilk 0,940 dengan 0,417 yang berarti data pos-tes berdistribusi normal. maka dari data tersebut diperoleh data normal. Dari analisis uji hipotesis di peroleh nilai sig sebesar 0,001 dan nilai 0,001 ˂ 0,005 maka dari itu dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kontekstual memiliki pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar; Model Kontekstual |
Subjects: | 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Depositing User: | rahma wati |
Date Deposited: | 09 Dec 2023 11:29 |
Last Modified: | 09 Dec 2023 11:29 |
URI: | http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/155 |