PERAN GURU PPKn UNTUK MENUNJANG KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SD YPK YEFLIO KABUPATEN SORONG

akdalena Fadan, anti (2023) PERAN GURU PPKn UNTUK MENUNJANG KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS V SD YPK YEFLIO KABUPATEN SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Yanti Magdalena Fadan-148620618240.pdf] Text
TA-Yanti Magdalena Fadan-148620618240.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Disiplin merupakan sikap mental yang dimiliki oleh individu dalammengatur diri dan marifatnya mencerminkan rasa ketaatan dan kepatuhandalam menaati peraturan-peraturan yang ada guna meningkatkan karaktermoral dan nilai-nilai yang baik dalam diri individu. Oleh karena itukedisiplinan itu sangatlah penting diterapkan dimanapun khususyadilingkungan sekolah. Dalam kaitan ini maka dibutuhkan peran guru PPKnUntuk menunjang karakter kedisiplinan siswa. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan peran guru PPKn Untuk Menunjang karakter kedisiplinansiswa kelas V SD YPK Yeflio Kabupaten Sorong serta faktor yangmempengaruhi peran guru PPKn untuk menunjang karakter disiplin siswakelas V SD YPK Yeflio Kabupaten Sorong. Untuk mencapai tujuan diatas,digunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Instrumen kunci dalampenelitian ini adalah peneliti itu sendiri dan teknik pengumpulan data yangdigunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Adapauntahapan analisis data dilakukan dengan cara yaitu: 1) data reduction, 2) datadisplay, 3) conclusion. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa UntukMenunjang kedisiplinan siswa dibutuhkan peran aktif guru yaitu peran gurusebagai pendidik, peran guru sebagai pengajar, peran guru sebagaipembimbing, peran guru sebagai pelatih, peran guru sebagai penasihat,peran guru sebagai model dan teladan, peran guru sebagai pribadi, peranguru sebagai evaluator. Faktor penghambat dalam penelitian ini dipengaruhioleh faktor internal (faktor dari diri siswa itu sendiri) dan faktor eksteral(faktor dari luar siswa seperti lingkungan keluarga, sekolah danmasyarakat). Selain faktor internal dan ekternal faktor lain yangmempegaruhi kedisiplinan siswa adalah faktor keteladanan, hukuman,lingkungan berdisiplin dan pembiasaan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Peran guru; menunjang disiplin; PPKn.
Subjects: 300 ILMU SOSIAL
300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Dec 2023 11:24
Last Modified: 09 Dec 2023 11:24
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item
View Item