PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Sepmita Sayako, Elsa (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA- ELSA SEPMITA SAYAKO-148420219034.pdf] Text
TA- ELSA SEPMITA SAYAKO-148420219034.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mediapembelajaran terhadap minat dan hasil belajar peserta didik. Penelitian inimerupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttestnonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalahpeserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Kota Sorong yang terdiri dari 11 kelasdan diambil secara acak dua kelas sebagai sampel yaitu, kelas IX A dan IX C.Instrumen penelitian meliputi angket minat belajar dan tes hasil belajar pesertadidik. Untuk menguji bahwa pembelajaran menggunakan media pembelajaranlebih efektif dari pada pembelajaran yang dilakukan secara langsung dianalisismenggunakan MANOVA dan dilanjutkan menggunakan uji independensampel t-test untuk mediskripsikan peningkatan dianalisis mengunakan ujiscore gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaranmenggunakan media pembelajaran dan pembelajaran yang dilakukan secaralangsung sama baiknya dalam memberikan pengaruh ditinjau dari minat belajarpeserta didik. Sedangkan, pembelajaran dengan menggunakan mediapembelajaran mempunyai pengaruh yang baik terhadap hasil belajar pesertadidik dibandingkan pembelajaran yang dilakukan secara langsung.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, minat belajar, hasil belajar peserta didik
Subjects: 500 ILMU MURNI > 510 Matematika > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta > Pendidikan Matematika
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Dec 2023 10:29
Last Modified: 09 Dec 2023 10:29
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item
View Item