ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN PENYELESAIAN MASALAH POLYA

Enjeli Forno, Reysti (2023) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SD PADA MATERI BANGUN DATAR BERDASARKAN PENYELESAIAN MASALAH POLYA. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Reysti Enjeli Forno-148620619090.pdf] Text
TA-Reysti Enjeli Forno-148620619090.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalammenyelesaikan soal pada materi bangun datar. Jenis penelitian yang digunakandalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Penelitian ini ditujukan untuk siswa kelas IV di SD Negeri 13 Kota Sorong.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes danwawancara. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwadalam 4 indikator penyelesaian masalah berdasarkan Polya. Pertama, siswamelakukan kesalahan memahami masalah karena kurang teliti dalam menuliskanterkait apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak menuliskan apa yang diketahuidan ditanyakan, dan tidak menentukan berapa rumus. Kedua, siswa melakukankesalahan membuat rencana karena kurang teliti dan salah dalam menentukan danmengerjakan rumus penyelesaian. Ketiga, siswa melakukan kesalahanmelaksanakan rencana karena salah dalam mengerjakan mengerjakan rumuspenyelesaian dan operasi hitung dalam pengerjaan soal. Dan yang terakhir, siswamelakukan kesalahan melihat kembali karena keliru dalam meletakkankesimpulan akhir, kurang lengkap dalam menuliskan isi dari kesimpulan akhir,dan tidak menuliskan kesimpulan akhir. Kesimpulan yang dimaksud adalah katajadi yang menjadi salah satu indikator penting dalam langkah mengerjakan soalberdasarkan penyelesaian masalah Polya. Dalam kecenderungan kesalahan yangdilakukan siswa, hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat 11 (68,75%) siswayang melakukan kesalahan konsep, 5 (31,25%) siswa yang melakukan kesalahanmengunakan data, 5 (31,25%) siswa yang melakukan kesalahan interpretasibahasa, 10 (62,5%) siswa yang melakukan kesalahan teknis, dan 13 (81,25%)siswa yang melakukan kesalahan penarikan kesimpulan. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa siswa lebih cenderung melakukan kesalahan penarikankesimpulan.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: angun datar, penyelesaian masalah polya, kesalahan siswa
Subjects: 300 ILMU SOSIAL > 370 Pendidikan > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa Sosial dan Olahraga (FABIO) > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Dec 2023 09:46
Last Modified: 09 Dec 2023 09:46
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item
View Item