PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI KELAS 2 A SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA SORONG

Pasha Mony, Dayany (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI KELAS 2 A SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA SORONG. Lainnya thesis, Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

[thumbnail of TA-Dayany Pasha Mony-148320719017.pdf] Text
TA-Dayany Pasha Mony-148320719017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pada SD Negeri 2 Remu Kota Sorong khususnya pada kelas II A prosespembelajaran di kelas masih menggunakan buku cetak, akan tetapi belumdilengkapi dengan contoh-contoh gambar sehingga menyebabkan kurangnyaketertarikan dari siswa untuk mengikuti pelajaran tersebut. Hal ini menyebabkanpeneliti mengembangkan bahan ajar berupa media pembelajaran berbasis videomenggunakan aplikasi Canva. Penelitian ini menggunakan metode penelitian danpengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIEyang memiliki 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementasi danEvaluation. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas II A SD Negeri 2Remu Kota Sorong. Instrumen yang digunakan untuk menilai ketertarikan mediapembelajaran meliputi lembar validasi ahli media, ahli materi dan angket responpeserta didik terhadap media pembelajaran berbasis video. Hasil penilaian mediapembelajaran pada penelitian ini yaitu berdasarkan validasi ahli materimendapatkan kriteria “Sangat Valid” dengan persentase 86% dan validasi ahlimedia mendapatkan kriteria “Sangat Valid” dengan persentase 96% . Yang berartibahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva ini berhasildikembangkan dalam pembelajaran khususnya pada materi Berhati-hati di ManaSaja di kelas 2 A SD Negeri 2 Remu Kota Sorong. Hasil dari uji coba mediapembelajaran ke responden untuk melihat ketertarikan mendapatkan nilai denganpersentase 94% dengan kriteria “Sangat positif” dan hasil observasi ketertarikansiswa dalam belajar mendapatkan hasil 77% dengan kategori “Sangat Positif”.Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan aplikasi Canvaberbasis video sangat menarik perhatian peserta didik dikelas

Item Type: Thesis (Lainnya)
Uncontrolled Keywords: Development, Learning, Media, Canva, ADDIE
Subjects: 000 KARYA UMUM
Divisions: Fakultas Pendidikan Eksakta (FEKSA) > Pendidikan Teknologi Informasi
Depositing User: UNIMUDA Administrator Sorong
Date Deposited: 09 Dec 2023 06:20
Last Modified: 09 Dec 2023 06:20
URI: http://eprints.unimudasorong.ac.id/id/eprint/123

Actions (login required)

View Item
View Item